Agar Mulus Lolos Interview Kerja, Berikut Hal yang Harus Kamu Hindari

Saat ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika melihat banyak orang di luar sana yang sama-sama sedang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan. Mulai dari lulusan SMA, universitas sampai pekerja kantoran lainnya banyak yang sedang mencari peluang lebih baik. Semuanya bersaing untuk menjadi kandidat yang bisa dipilih oleh perusahaan yang diinginkan.

Sesi wawancara sendiri adalah tahap yang sangat penting  untuk mendapatkan pekerjaan yang. Meski begitu, banyak orang yang gagal melalui tahap ini. Penyebabnya bisa karena beberapa faktor seperti attitude yang kurang, skill tidak sesuai dengan CV dan lain sebagainya. Supaya kamu terhindar dari kesalahan dan bisa mulus lolos interview kerja, berikut ini adalah hal yang harus kamu hindari.

  1. Datang Terlambat

Saat proses wawancara kerja pastikan kamu tidak datang terlambat. Datang tepat waktu adalah cara paling sederhana dalam menunjukan kinerja dan profesionalisme yang kamu miliki. Usahakan paling tidak untuk datang 30 menit lebih awal dari waktu yang ditentukan. Lebih baik kamu menunggu daripada harus ditunggu, karena jika terlambat meski hanya 5 menit saja, itu bisa mengurangi penilaianmu lho.

  1. Salah dalam Memilih Pakaian

Meski beberapa perusahaan lebih mementingkan skill calon karyawan, namun tak bisa dipungkiri jika penampilan adalah salah satu yang pertama kali terlihat. Untuk itulah kamu harus tetap memperhatikan cara berpakaian dan cara berdandan yang pas untuk sesi wawancara. Hindari memakai pakaian yang terlalu mencolok atau berpakaian yang terlalu seadanya. Hal ini karena akan menimbulkan kesan yang kurang baik. Minimal kamu harus memakai kemeja dan celana kain yang rapi dan formal.

  1. Tidak Memiliki Wawasan Cukup Tentang Perusahaan yang Dilamar

Pengetahuan tentang perusahaan yang dituju adalah hal penting yang harus kamu miliki. Paling tidak, kamu harus mengetahui pemilik, bidang yang ditekuni oleh perusahaan dan kapan berdirinya perusahaan tersebut. Lebih baik lagi jika kamu memiliki pengetahuan lebih tentang posisi yang kamu lamar.

Pastikan untuk mencari kebiasaan dan kultur dari lingkungan kantor tersebut. Hal ini karena tidak ada perusahaan yang mau menerima orang yang tidak tahu apa-apa tentang perusahaan tersebut. Perlu kamu ingat, bahwa hal ini sering dianggap remeh oleh banyak pelamar pekerjaan, akibatnya proses wawancara hanya akan berhenti di tahap pertama saja tanpa ada kelanjutannya.

  1. Menjelekkan Perusahaan Lama

Bagi kamu yang sudah pernah bekerja di perusahaan lain, patikan untuk tidak membeberkan rahasia atau aib dari perusahaan lama. Sikap seperti ini akan dianggap kurang baik dan bisa memberikan citra negatif untuk kamu.

Jika pewawancara meminta kamu bercerita tentang perusahaan lama, pastikan kamu lebih fokus saja pada pengalaman yang kamu dapatkan selama bekerja di sana. Bisa juga menceritakan tentang prestasi dan kontribusi yang telah kamu berikan pada perusahaan lama. Hal ini akan membuat kamu mendapat penilaian yang lebih positif daripada membicarakan tentang kejelekan dari perusahaan lama.

  1. Bersikap Tidak Sopan Kepada Pewawancara

Sikap dalam wawancara bisa dibilang merupakan salah satu penilaian dalam tahap ini. Jadi saat sedang berhadapan dengan pewawancara pastikan kamu menunjukan sikap yang sopan. Sebagai contoh, saat belum dipersilahkan duduk, jangan pernah untuk duduk duluan. Selain itu pastikan saat kamu selalu melakukan kontak mata dan jangan pernah memotong atau menyela perkataan dari pewawancara selama proses wawancara berlangsung.

Jika hal kurang baik ini tetap kamu lakukan, maka bisa meningalkan kesan yang tidak sopan dan kamu terlihat tidak memiliki kontrol diri yang baik. Sebisa mungkin jangan memberi memberi pendapat apapun tentang perusahaan jika tidak diminta. Jangan lupa pastikan kamu untuk selalu tersenyum untuk memberikan kesan ramah.

  1. Berbohong

Dalam bidang apapun kebohongan adalah hal yang tak bisa ditoleransi. Kebanyakan orang gagal melalui tahap wawancara karena berbohong tentang pengalaman dan pendidikan mereka. Jangan pernah kamu meremehkan kemampuan perusahaan dalam mengetahui gesture tubuh dan melacak latar belakang yang kamu miliki. Intinya jangan pernah sekali-kali kamu berbohong dalam menulis CV dan menjawab pertanyaan saat wawancara kerja.

  1. Handphone Berdering Saat Proses Wawancara

Sebelum proses wawancara dimulai, pastikan anda mengatur handphone supaya dalam keadaan silent atau menonaktifkannya. Hal ini karena jika ponselmu berdering saat proses wawancara sedang terjadi, tentunya akan sangat menggangu. Selain itu kamu juga akan dianggap menyepelekan dan tidak menghormati pewawancara.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu..