‘Ngemil’ Sewaktu Kerja, Apakah Sehat?

Ngemil adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang termasuk pekerja kantoran. Banyak pekerja kantoran yang menggunakan jam-jam kantor untuk sekedar ngemil. Bahkan terkadang agar lebih simpel, ada yang membawa bekal camilan dari rumah hingga memanfaatkan ojek online untuk memesan camilan yang diinginkan.

Tanpa disadari, kebiasaan ini dapat menyebabkan dampak bagi tubuh kamu lho. Nah, sebenarnya ngemil sewaktu kerja itu apakah sehat? Kita akan mengulas tentang hal ini dengan lebih dalam. Simak ulasannya berikut ini ya...

 

  1. Ngemil Dapat Membuat Mood Stabil

Biasanya saat mengerjakan tugas kantor, mood dapat berubah kapan saja. Banyaknya pekerjaan kantor yang harus diselesaikan, menjadikan mood buruk bisa muncul secara tiba-tiba. Hal ini dapat membuat anda tidak fokus dalam bekerja.

Nah, ternyata kebiasaan ngemil ini dapat membantu membuat mood menjadi stabil. Di samping itu, ngemil juga dapat membuat semangat bekerja meningkat  jika porsinya diatur dengan tepat. Jadi, untuk menghindari stress dalam bekerja, sebaiknya saat mood buruk tiba-tiba muncul kamu bisa beristirahat sebentar dengan ditemani camilan sehat.

  1. Ngemil Membuat Rasa Lapar Berkurang

Pastinya di tengah-tengah mengerjakan tugas kantor, kamu akan merasa lapar dan lelah. Hal ini membuat pekerjaan bisa terganggu. Nah, ternyata di samping dapat membuat mood stabil, kebiasaan ngemil juga ternyata dapat mengurangi rasa lapar. Bagi kamu sering merasa lapar saat bekerja, menyediakan camilan sehat selama di kantor bisa menjadi pilihan. Sediakan camilan yang memiliki kandungan gizi tinggi agar dapat menahan rasa lapar lebih lama.

  1. Ngemil Menyebabkan Pola Kesehatan Tidak Teratur

Poin ketiga ini adalah salah satu dampak buruk dari kebiasaan ngemil saat jam kerja. Kebiasaan ngemil yang dilakukan saat kerja secara terus-menerus, akan berdampak pada tidak seimbangnya asupan gizi dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi jika camilan yang kamu pilih tidak sehat.

Saat kamu mengkonsumsi camilan yang tidak sehat, maka zat berbahaya yang terkandung dalam camilan akan merusak tubuh anda. Biasanya camilan yang tidak sehat mengandung bahan pengawet, MSG, gula dan lemak yang berlebihan. Jadi untuk mengatasi hal ini, kamu harus lebih pintar dalam memilih camilan yang sehat. Tidak ada salahnya juga untuk membuat camilan sehat sendiri di rumah.

  1. Ngemil Dapat Membuat Berat Badan Naik Tidak Terkontrol

Banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa ngemil sedikit saja dapat menyebabkan berat badan naik? Nah, poin terakhir ini adalah poin yang sering ditakutkan oleh para pekerja kantoran saat mereka tidak bisa menghentikan kebiasaan ngemil yang berlebihan. Faktanya kebiasaan ngemil yang berlebihan pada jam-jam kerja, akan membuat berat badan naik tidak terkontrol. Hal ini disebabkan karena jenis camilan yang dikonsumsi tidak sehat dan jarang diimbangi dengan olahraga.

Jika kamu memiliki kebiasaan buruk tersebut, ada baiknya untuk mengurangi porsi camilan yang dikonsumsi setiap harinya. Kam juga disarankan untuk mengganti camilan sehat dan mengandung gizi tinggi namun tidak membuat berat badan naik tidak terkontrol.

Di samping mengontrol jenis camilan yang dikonsumsi, kamu juga harus mengimbanginya dengan berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Lakukanlah olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Kesimpulannya, mengkonsumsi camilan di jam-jam kerja memang diperbolehkan, tapi kamu harus mengetahui dampak-dampak yang menyertainya. Intinya, apa yang kamu makan itu mencerminkan kesehatanmu ke depannya. Mengapresiasi diri sendiri dengan menikmati camilan favorit bukanlah sebuah dosa asal kamu bisa bertanggung jawab dengan apa yang kamu makan.

Ayo hidup lebih sehat dan ingat, sehat itu tidak menyiksa diri sendiri lho..